03/06/2014

Cara Membedakan Galaxy S4 "KW" dan Asli


By on 02:41



Cara Membedakan Galaxy S4 "KW" dan Asli - Tergiur harga murah produk smartphone basis Android, Samsung S4, seorang rekan membeli Samsung S4 yang ditawarkan temannya. Dengan beralasan sebagai produk blackmarket, harganya dibanderol sangat menarik, hanya 50%  dibanding harga pasaran.

Namun, untungnya ada kesepakatan, yakni jika nyatanya smartphone tsb palsu, maka uangnya bisa dikembalikan. Saya diminta untuk ngecek keaslian handphone paling populer yang diproduksi oleh Samsung ini.

Hanya dengan membandingkan produk asli Samsung S4 dengan produk yang baru saja dibeli, nampak tak ada perbedaan berarti dari sisi tampilan fisik. Bahkan, ukuran empat sensor yang tidak sama pada bagian depan, juga dibuat sangat rapih oleh produk ini.


Dari segi fisik, saya yakin produk blackmarket ini benar-benar asli Samsung S4. Kotak Kemasan dan berikut aksesorinya, termasuk charger dan baterai, juga makin meyakinkan kalau produk tsb asli S4.

Kini saatnya menguji kehandalan S4. Dari sisi kecepatan booting, tak ada masalah berarti, dengan logo Samsung dan suara khasnya Samsung. Fungsi touch screen juga tampak meyakinkan, tak ada masalah serius. Sedikit mulai ada rasa keraguan waktu menguji kualitas kamera yang terasa biasa-biasa saja.

Saatnya install aplikasi AnTuTu Benchmark dan CPU-Z, yang bisa didownload dari Google Play. Dua aplikasi ini bermanfaat untuk mendeteksi “bagian dalam” Samsung S4, mulai dari nama produsen pembuat CPU, jenis CPUnya, sampai spesifikasi teknis lain seperti resolusi layarnya, RAM, densitas layar,  bahkan hingga spesifikasi kamera yang dimiliki.

Luar biasa memang, berbagai sensor yang dipunya Samsung S4 yang bisa membuktikan kecanggihan smartphone ini juga dapat terdeteksi aktif di produk yang diuji. Sampai di sini, rasanya sangat sulit untuk membuktikan produk yang diuji adalah produk palsu.

Ternyata dua aplikasi ini dapat memberikan informasi yang berbeda, ini artinya produk yang diuji dapat mengecoh program aplikasi pendeteksi. Dengan CPU-Z terdeteksi bahwa CPU-nya adalah ARM Cortex-A7, sedangkan AnTuTu mendeteksi MTK MT6572.

Dua aplikasi ini tidak memberikan penilaian apakah spesifikasi yang ada asli atau tidak. Jika kita tidak memegang spesifikasi asli dari Samsung S4, maka kita tidak bisa memberikan penilaian. Untungnya ada aplikasi gratis lain untuk diunduh yaitu Genuine Galaxy S4/Note 3.

Dengan menjalankan aplikasi Genuine Galaxy S4/Note 3, software ini langsung bisa memberikan penilaian apakah gadget ini asli atau palsu. Dan begitu dijalankan aplikasinya, langsung tampil notifikasi: ”I’am afraid you’re not using Galaxy S4”, yang berarti smartphone ini bukan S4.

Beberapa alas an juga diberikan rinci oleh aplikasi canggih ini. Diantaranya total RAM cuma 469MB, padalah seharusnya 2GB. Total ROM 1,2GB, padahal seharusnya 16GB, resolusi layar hanya 800x400, padahal referensi seharusnya 1920x1080, CPU core terdeteksi 2 yang harusnya 4.

Dari aplikasi terakhir ini, jelas bahwa S4 blackmarket yang telah dijanjikan ini ternyata barang palsu buatan China. Bisnis smartphone murah berkedok produk blackmarket kini mulai makin marak dan menurut penjelasan pedagang, banyak yang telah membeli produk serupa.

”Saya tidak mengetahui jika palsu, tahunya itu barang blackmarket maka dari itu saya jual sebagai produk blackmarket,” kilah seorang penjual. Bisnis seperti ini makin terlihat rapih dan sekilas tak didesain untuk membohongi pembeli karena rantai penjualannya justru mencari orang-orang yang tak faham produk gadget. Jadi, saran kami hati-hati jika Anda ditawari produk blackmarket.

About Widyasari Putri

Widya is a 18 year old young Girl who is blessed with the art of Technology, SHe love to Blog day in and day out, SHe is a Techno Lover.