16/03/2014

Pono, Digital Music Player Hi-Res 196kHz Tandingan iPod


By on 04:30

Pono, Digital Music Player Hi-Res 196kHz Tandingan iPod
Kurang puas dengan kualitas audio yang dihasilkan MP3, Neil Young yang seorang penyanyi rock legendaris era 1960-an akhirnya mulai untuk mengembangkan sendiri player music digital. Perangkat portabel yang dirilis dengan merk Pono itu bisa memutar musik berformat FLAC (Free Lossless Audio Codec) yang frekuensi mencapai 196kHz/24-bit.

Kualitas suara yang dihasilkan dari perangkat ini tentunya akan lebih baik daripada MP3 yang frekuensi maksimal 44,1kHz/16-bit. Supaya user bisa mendapatkan file musik dengan format terbaik, Pono nantinya akan menyediakan juga layanan pembelian musik online melalui web resminya.
Pono dibangun dengan ide bahwa suara musisi yang direcord akan diputar lagi di perangkat pemutar musik tanpa adanya manipulasi. Berbekal kualitas audio yang baik, Neil berharap detail petikan gitar ataupun suara perkusi bisa diolah dengan baik sesuai hasil yang dimau sang artis saat merekam lagu di studio musik.
Desain unik
Proyek yang disupport oleh puluhan artis dan musisi terkenal mancanegara seperti Foo Fighters, Patti Smith, Willie Nelson, Arcade Fire, Dave Mathews Band , Beck, Norah Jones, My Morning Jacket , Lenny Kravitz, Pearl Jam dan James Taylor ini hadir dengan bentuk segitiga yang sangat berbeda dengan pemutar musik portabel lain seperti iPod atau Zune yang bentuknya persegi pipih.
Pemutar musik ini juga sangat sangat mudah dipakai, Pono hanya punya tombol kendali volume dan daya, port miniUSB, jack audio 3,5 mm untuk headphone dan jack audio 3,5 mm untuk disambung dengan perangkat lain seperti amplifier atau sound system mobil.
Harga
Neil yang telah memulai proyek Pono sejak tahun 2012 itu kini memakai jalur Kickstarter untuk mendanai produksi pemutar musik portabel ini secara massal. Perangkat yang diperkirakan membutuhkan dana sekitar US$800 ribu atau setara dengan Rp. 900 juta ini sudah melampaui target yang diharap, bahkan dengan waktu yang kini tersisa 33 hari proyek ini sudah mengumpulkan dana sebesar US$2.493.412 atau setara Rp28 miliar.
Pono rencananya akan dijual dengan harga US$399 atau setara Rp4,5 juta dan akan segera mulai dikirimkan kepada pemesan yang men-support proyek Kickstarter pada bulan Oktober 2014. Anda Tertarik memiliki Pono? Informasi lengkap dapat Anda temukan pada web resmi Kickstarter Pono.

About Widyasari Putri

Widya is a 18 year old young Girl who is blessed with the art of Technology, SHe love to Blog day in and day out, SHe is a Techno Lover.